Senin, 12 Mei 2014

Ilmu Perpustakaan, Cerita Lama


Juli, 2012 ....


Awal nya saya mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi SNMPTN jalur undangan. Saya pun berkonsultasi pada ibu saya tentang jurusan yang akan saya ambil. Ibu saya menyarankan agar saya mengambil jurusan ilmu perpustakaan.
Awalnya saya kurang setuju dengan alasan tidak mengerti seluk beluk perpustakaan. Saya lebih berminat ke akuntansi saja. Namun melihat jumlah peminat akuntansi cukup banyak dan yang diterima hanya sedikit saya agak pesimis juga kalau nanti tidak diterima. Saya merasa prospek akuntansi cukup bagus.
Ibu saya pun menjelaskan bahwa ilmu perpustakaan prospek kedepannya juga cukup bagus, lulusan ilmu perpustakaan nantinya juga bias diterima menjadi pegawai negeri.  Selain itu tidak semua Perguruan Tinggi Negeri memiliki program studi tersebut. Yang saya tau yang memiliki jurusan ini hanya Universitas Indonesia dan Undip saja. Akhirnya saya memilih Undip  ilmu perpustakaan di pilihan pertama dan akuntansi di pilihan kedua.
Sambil menunggu hasil seleksi SNMPTN undangan, saya mencari-cari di internet tentang mata kuliah program studi ilmu perpustakaan. Harapan saya nanti bila diterima di sini nantinya saya dapat mendapatkan pekerjaan yang menjamin kehidupan saya di masa mendatang. Melihat jumlah peminat yang masih sedikit, saya berharap nantinya tidak ada kesulitan dalam mencari pekerjaan.
Saya banyak membaca-baca artikel di internet tentang perpustakaan, ternyata banyak juga. Ilmu perpustakaan ternyata menggabungkan ilmu social, ilmu hukum, dan ilmu terapan untuk mempelajari topik yang berkaitan dengan perpustakaan. Ilmu perpustakaan mempelajari mengenai cara pengumpulan, pengorganisasian, pengawetan, dan penyebarluasan sumber informasi yang ada di suatu perpustakaan, serta berkaitan dengan nilai ekonomi dan politis dari informasi pada umumnya. Kata ibu saya, perpustakaan hampir sama dengan hal-hal yang mengenai ilmu pengarsipan. Lalu saya mencoba menggali informasi lagi di internet. Secara akademis, mata kuliah ilmu perpustakaan meliputi manajemen koleksi, system informasi, katalogisasi, cara pengawetan, referensi, manajemen, dan yang lainnya.
Ada satu aspek yang penting yaitu etika dalam penataan dan pelayanan informasi, serta status legal dari perpustakaan sebagai sumber informasi.
Dari hasil pencarian di internet ternyata saya sudah mendapat pengertian dasar dari ilmu perpustakaan. Saya berharap kelak sewaktu diterima dan sudah memulai kuliah, saya dapat mempalajarinya lagi lebih dalam dengan dibantu dosen yang jauh lebih berpengalaman
Sewaktu pengumuman hasil SNMPTN Undangan, ternyata saya dinyatakan lolos seleksi dan diterima di Universitas Diponegoro program studi ilmu perpustakaan. Awalnya saya kecewa juga karena tidak diterima di akuntansi. Namun saya berpikir cukup lama untuk tetap mengambil jurusan ilmu perpustakaan ini dengan alasan yang beraneka macam. Salah satunya saya mencoba mengambil peluang untuk mempelajari hal-hal yang  belum banyak diketahui orang lain tentang perpustakaan. Orang tua, Guru-guru saya pun mendukung langkah saya ini dan meyakinkan saya bahwa kelak saya bisa menjadi orang sukses. Saya berjanji untuk belajar dengan tekun agar cita-cita saya tercapai dan kelak di masa depan saya dapat membahagiakan orang-orang yang saya cintai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran JDIH di Era Revolusi Industri 4.0

          Pada era teknologi yang berkembang saat ini, membuat masyarakat dan pemerintah menjadi melek teknologi informasi dan melek hukum. ...