PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO
TUGAS
Diajukan Untuk Memenuhi Nilai Akhir Semester Mata
Kuliah
Teknik Penulisan Ilmiah
Oleh :
Asiyah Hesti Pramudya Wardani
NIM 13040112120015
JURUSAN
ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU
BUDAYA
UNIVERSITAS
DIPONEGORO
SEMARANG
2014
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam Undang-undang No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada pasal 55 menyebutkan bahwa salah satu syarat untuk menyelenggarakan
Perguruan Tinggi harus memiliki Perpustakaan. Dan dalam Undang-undang No. 43
Tahun 2007 tentang Pepustakaan dalam pasal 1, disebutkan bahwa Perpustakaan
sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya
rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan
pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.
Menurut Nasution dalam Yushendi menyatakan bahwa
“Perpustakaan adalah pelayanan. Pelayanan adalah kesibukan. Dan bahan-bahan
pustaka harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya.”
(Yushendi,2011:1) Disisni dimaksudkan
bahwa tidak ada perpustakaan jika tidak ada pelayanan. Kegiatan menyediakan
bahan pustaka menjadi profesi seorang pustakawan. Seperti yang dijelaskan Gromos dalam Riko yang menyatakan tentang
suatu layanan yang penting dalam semua organisasi.
Layanan atau jasa adalah sebuah proses yang
terdiri atas serangkaian aktivitas intangible
yang biasanya (namun tidak harus sealu) terjadi antara pelanggan dan karyawan
jasa dan atau sistem penyedia jasa yang disediakan sebagai mana atas masalah
pelanggan untuk kepuasan pelanggan dan penyelenggaraan organisasi (Riko:
2010,15).
Dalam
kegiatan pelayanan perpustakan terdapat berbagai jenis layanan yang diberikan
kepada pemustaka tergantung dari kebutuhan pemustaka dan disesuaikan dengan
program studi yang ada, layanan tersbut antara lain: Layanan Sirkulasi; Layanan
Rujukan; Layanan Serial/Periodical; Layanan A, AV dan AVA; Jasa Kesiagaan
Informasi; Penelusuran Pustaka; Layanan Foto Copy; Layanan Pinjam antar
Perpustakaan; Pembuatan Abstrak, Indeks dan Bibliografi; Layanan Terjemahan;
Layanan Buku Tandon; Penyediaan Fasilitas; dll.
Dengan
adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat pada masa
sekarang ini menyebabkan perkembangan informasi semakin pesat pula.
Perpustakaan termasuk di UPT Perpustakaan Undip sebagai pusat informasi juga
semakin dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lebih baik dan tepat
guna, sehingga dapat menarik perhatian pemustaka dari berbagai kalangan dengan
latar belakang yang berbeda seperti mahasiswa, dosen, peneliti, dan sebagainya.
Perpustakaan sebagai sumber informasi harus memanfaatkan sumber daya yang ada
semaksimal mungkin agar dapat memberikan layanan dalam memenuhi kebutuhan informasi
bagi pemustaka yang mempunyai minat serta kebutuhan informasi yang
berbeda-beda.
1.2
Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengaruh layanan perpustakaan terhadap
minat kunjung pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro ?
2. Bagaimana persepsi pemustaka terhadap
layanan yang tersedia di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro ?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah :
1. Untuk
menggambarkan pengaruh pengaruh layanan perpustakaan terhadap minat kunjung
pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro
2. Untuk
mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap layanan yang tersedia di UPT
Perpustakaan Universitas Diponegoro
1.4 Manfaat Penelitian
a. Manfaat
Teoritis
Penelitian ini secara teoritis bermanfaat agar UPT
Perpustakaan Universitas Diponegoro dapat
memahami mengenai penyediaan layanan
sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai
standarisasi perpustakaan perguruan tinggi yaitu layanan sirkulasi, referensi,
tendon, multimedia, dan sebagainya.
b. Manfaat
Praktis
Penelitian ini secara praktis bermanfaat
agar pembaca mengetahui mengenai ketersediaan layanan di UPT Perpustakaan
Universitas Diponegoro dan bagaimana pelayanannya untuk dapat digunakan oleh
pemustaka.
1.5 Kerangka Pikir
Dalam hal ini pustakawan adalah orang yang berperan untuk melakukan
kegiatan pelayanan langsung kepada pemustaka. Peran kontributif pustakawan
sangat menunjang keberhasilan pembelajaran pemustaka, khususnya dalam
penelusuran informasi serta menunjukan alternatif jawaban dan solusi melalui
berbagai koleksi yang ada.
Setiap perpustakaan
selalu memperoleh kesan atau image, baik yang positif maupun negatif
dari berbagai pihak yang selalu berhubungan. Hal ini merupakan konsekuensi
logis, mengingat dalam segala aktivitasnya perpustakaan selalu berhubungan
dengan berbagai pihak, khususnya dengan anggota perpustakaan yang tergantung
pula pada minat kunjung pemustaka yang tertarik datang ke perpustakaan dengan
fasilitas yang lengkap dan memadai dalam memenuhi kebutuhan informasi yang
banyak dan beragam.
Daftar
Pustaka
Aziz,Safrudin. 2010. “Strategi Peningkatan Mutu Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi” http://digilib.undip.ac.id/index.php/undip/rute-dan-peta-undip/38-lain/artikel/51-strategi-peningkatan-mutu-pada-perpustakaan-perguruan-tinggi diakses tanggal 13 Juni 2014
Yushendi, 2011. “Peningkatan Mutu Pelayanan Perpustakaan” http://yusheri.blogspot.com/2011/06/peningkatan-mutu-pelayanan-perpustakaan.html diakses tanggal 18 Juni 2014
Yuventina,Yuniwati.
2010. “Perpustakaan Perguruan Tinggi : Pedoman, Pengelolaan Dan Standardisasi” http://yuni_yuven.blog.undip.ac.id/2010/01/06/perpustakaan-perguruan-tinggi-pedoman-pengelolaan-dan-standardisasi/
diakses tanggal 13 Juni 2014
Riko, 2010. “Persepsi Pemustaka Mengenai Layanan
Perpustakaan : Tinjauan Literatur Skripsi”. http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/128595-T%2026780...Literatur.pdf/ diakses tanggal 18 Juni 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar