Kamis, 03 Juli 2014

Contoh Bab 1 Skripsi #HanyaTugas



PENGARUH LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO


TUGAS
Diajukan Untuk Memenuhi Nilai Akhir Semester Mata Kuliah
Teknik Penulisan Ilmiah



Oleh :

Asiyah Hesti Pramudya Wardani
NIM 13040112120015



JURUSAN ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2014


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam Undang-undang No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 55 menyebutkan bahwa salah satu syarat untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi harus memiliki Perpustakaan. Dan dalam Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Pepustakaan dalam pasal 1, disebutkan bahwa Perpustakaan sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.
Menurut Nasution dalam Yushendi menyatakan bahwa “Perpustakaan adalah pelayanan. Pelayanan adalah kesibukan. Dan bahan-bahan pustaka harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya.” (Yushendi,2011:1)  Disisni dimaksudkan bahwa tidak ada perpustakaan jika tidak ada pelayanan. Kegiatan menyediakan bahan pustaka menjadi profesi seorang pustakawan. Seperti yang dijelaskan  Gromos dalam Riko yang menyatakan tentang suatu layanan yang penting dalam semua organisasi.
 Layanan atau jasa adalah sebuah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang biasanya (namun tidak harus sealu) terjadi antara pelanggan dan karyawan jasa dan atau sistem penyedia jasa yang disediakan sebagai mana atas masalah pelanggan untuk kepuasan pelanggan dan penyelenggaraan organisasi (Riko: 2010,15).
Dalam kegiatan pelayanan perpustakan terdapat berbagai jenis layanan yang diberikan kepada pemustaka tergantung dari kebutuhan pemustaka dan disesuaikan dengan program studi yang ada, layanan tersbut antara lain: Layanan Sirkulasi; Layanan Rujukan; Layanan Serial/Periodical; Layanan A, AV dan AVA; Jasa Kesiagaan Informasi; Penelusuran Pustaka; Layanan Foto Copy; Layanan Pinjam antar Perpustakaan; Pembuatan Abstrak, Indeks dan Bibliografi; Layanan Terjemahan; Layanan Buku Tandon; Penyediaan Fasilitas; dll.
Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat pada masa sekarang ini menyebabkan perkembangan informasi semakin pesat pula. Perpustakaan termasuk di UPT Perpustakaan Undip sebagai pusat informasi juga semakin dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lebih baik dan tepat guna, sehingga dapat menarik perhatian pemustaka dari berbagai kalangan dengan latar belakang yang berbeda seperti mahasiswa, dosen, peneliti, dan sebagainya. Perpustakaan sebagai sumber informasi harus memanfaatkan sumber daya yang ada semaksimal mungkin agar dapat memberikan layanan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi pemustaka yang mempunyai minat serta kebutuhan informasi yang berbeda-beda.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana pengaruh layanan perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro ?
2. Bagaimana persepsi pemustaka terhadap layanan yang tersedia di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro ?
1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.    Untuk menggambarkan pengaruh pengaruh layanan perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro
2.    Untuk mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap layanan yang tersedia di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro
1.4  Manfaat Penelitian
a.       Manfaat Teoritis
Penelitian ini secara teoritis bermanfaat agar UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro  dapat memahami mengenai penyediaan layanan  sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai standarisasi perpustakaan perguruan tinggi yaitu layanan sirkulasi, referensi, tendon, multimedia, dan sebagainya.
b.      Manfaat Praktis
Penelitian ini secara praktis bermanfaat agar pembaca mengetahui mengenai ketersediaan layanan di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro dan bagaimana pelayanannya untuk dapat digunakan oleh pemustaka.
1.5  Kerangka Pikir
Dalam hal ini pustakawan adalah orang yang berperan untuk melakukan kegiatan pelayanan langsung kepada pemustaka. Peran kontributif pustakawan sangat menunjang keberhasilan pembelajaran pemustaka, khususnya dalam penelusuran informasi serta menunjukan alternatif jawaban dan solusi melalui berbagai koleksi yang ada.
Setiap perpustakaan selalu memperoleh kesan atau image, baik yang positif maupun negatif dari berbagai pihak yang selalu berhubungan. Hal ini merupakan konsekuensi logis, mengingat dalam segala aktivitasnya perpustakaan selalu berhubungan dengan berbagai pihak, khususnya dengan anggota perpustakaan yang tergantung pula pada minat kunjung pemustaka yang tertarik datang ke perpustakaan dengan fasilitas yang lengkap dan memadai dalam memenuhi kebutuhan informasi yang banyak dan beragam.

Daftar Pustaka

Aziz,Safrudin. 2010. “Strategi Peningkatan Mutu Pada Perpustakaan Perguruan Tinggihttp://digilib.undip.ac.id/index.php/undip/rute-dan-peta-undip/38-lain/artikel/51-strategi-peningkatan-mutu-pada-perpustakaan-perguruan-tinggi diakses tanggal 13 Juni 2014

Yushendi, 2011. “Peningkatan Mutu Pelayanan Perpustakaan” http://yusheri.blogspot.com/2011/06/peningkatan-mutu-pelayanan-perpustakaan.html diakses tanggal 18 Juni 2014

Yuventina,Yuniwati. 2010. “Perpustakaan Perguruan Tinggi : Pedoman, Pengelolaan Dan Standardisasi” http://yuni_yuven.blog.undip.ac.id/2010/01/06/perpustakaan-perguruan-tinggi-pedoman-pengelolaan-dan-standardisasi/ diakses tanggal 13 Juni 2014
Riko, 2010. “Persepsi Pemustaka Mengenai Layanan Perpustakaan : Tinjauan Literatur Skripsi”. http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/128595-T%2026780...Literatur.pdf/ diakses tanggal 18 Juni 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peran JDIH di Era Revolusi Industri 4.0

          Pada era teknologi yang berkembang saat ini, membuat masyarakat dan pemerintah menjadi melek teknologi informasi dan melek hukum. ...